Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten buol lahir pada tanggal 12 oktober 1999, memiliki satu bandar udara dan empat pelabuhan. Bandara pogogul, seperti nama gunung yang terlihat saat memasuki perairan kabupaten ini dari lautan lepas, terletak di desa lamadong, kecamatan momunu. Pelabuhan laut buol masing-masing pelabuhan leok, paleleh, kumaligun, dan yang terbesar sebagai pelabuhan utama lalu lintas penumpang dan barang.

Objek wisatanya yang menarik adalah pemandian alam komalingon sekitar 8 km dari buol yang dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 5 km. tempat pemandian alam  masyarakat lokal ini juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Pulau busak terletak berhadapan dengan desa busak. Jarak pulau ini dari buol sekitar 23 km, memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang indah. Banyak terdapat pohon kelapa dan kebun buah milik masyarakat. Pulau ini juga dikenal sebagai tempat bermusyawarah untuk merundingkan sesuatu yang penting.

Air terjun pinamula terletak di pinggiran sungai pinamula dengan ketinggian 25 meter. Untuk mencapai objek ini dari buol dapat dengan kendaraan roda empat menempuh jarak 15 km dan dilanjutkan dengan jalan kaki sepanjang 3 km. Suhu disekitar air terjun sangat sejuk dan cocok untuk tempat rekreasi akhir pekan.

1. Batu Susun di Pantai Lakea

sumber foto dari https://socialmediafeed.me/ig/user/like_buol#

Salah satu objek wisata terkenal di kabupaten buol adalah pantai lakea yang terletak di desa lakea kecamatan Biau. Pantai ini sangat indah dengan landmark yang khas berupa batuan karang bersusun yang oleh masyarakat setempat di sebut batu susun, berjarak kurang lebih 30 km dari kota Buol, Sulawesi Tengah. 

Kota Buol sendiri berjarak sekitar 600 km dari Palu dan Manado, Karena lokasinya yang cukup jauh ini maka pantai ini belum banyak dikunjungi para wisatawan, apalagi promosi wisata yang dilakukan masih sangat kurang. Keindahan pasir putih akan semakin memikat ketika laut surut.

sumber foto dari https://www.picruby.com/tag/batususunlakea

Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat dari kota Buol yang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Untuk mecapai Kota Buol dapat dilakukan melalui beberapa alternative rute perjalanan, melalui perhubungan udara ke bandara Pogogul dengan pesawat Merpati sekali seminggu dari Manado, Gorontalo atau Palu. 

Buol memiliki empat pelabuhan. terletak di Desa Lamadong, Kecamatan Momunu. Pelabuhan laut Buol masing-masing Pelabuhan Leok, Paleleh, Kumaligon, dan yang terbesar sebagai pelabuhan utama lalu lintas penumpang dan barang.

2. Pemandian Tertaria

sumber foto dari http://picdeer.com/tag/pemandianalami

Permandian Tertaria merupakan objek wisata keluarga yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Biasanya di setiap hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat sambil membawa bekal masakan dari rumah. Dingin nya air di permandian yang berlokasikan di Kelurahanan Kulango Kabupaten Buol ini sangat menggungah selera makan. Biaya tiket masuk yang sangat murah yakni hanya 1000 rupiah per orang kita sudah bisa menikmati segarnya air di Tertaria sepuasnya dari pagi hingga sore hari. Permandian ini terdiri dari beberapa tempat. Ada kolam mandi di bagian bawah dan ada juga yang di bagian atas. Permandian di bagian bawah biasanya selalu ramai karena merupakan tempat yang paling mudah diaskes oleh para pengunjung. Sementara masih ada lagi permandian di bagian atas yang tak kalah keren nya juga. Tetapi sebelumnya harus menempuh beberapa menit perjalanan dulu untuk bisa sampai disana.

sumber foto dari http://sinarbuol.blogspot.com/

3. Pulau Busak

sumber foto dari https://insta.orenya.com/tag/pulaubusak

Pulau Busak adalah salah satu pulau yang terletak paling dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Buol, Pulau ini sangat berpotensi untuk dijadikan icon Wisata Kabupaten Buol.

Pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Buol mulai melakukan perbaikan serta pemeliharaan terhadap daerah yang dianggap berpotensi dijadikan objek Wisata, salah satunya adalah Pulau Busak yang terletak di Kecamatan Karamat Kabupaten Buol.

Pulau ini dihiasi dengan Pasir Pantai yang berwarna putih dan bersih, sehingga mampu menarik pengunjung untuk menikmati Pulau kecil ini.

sumber foto dari https://deskgram.net/explore/tags/Dermagabusak

Selain Pulau Busak, masih banyak lagi objek wisata yang harus dikunjungi jika kalian berkunjung ke Kabupaten Buol. Mari berkunjung ke Kabupaten Buol banyak keindahan tersembunyi didalamnya.

WordPress Image Lightbox