Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten Donggala (bahasa Inggris: Donggala Regency), adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di Kota Donggala. Kabupaten ini mempunyai luas sebesar 4275,08 km² dan berpenduduk sebanyak 301.757 jiwa pada tahun 2016. Donggala adalah kabupaten terluas ke-7, terpadat ke-4, dan memiliki populasi terbanyak ke-4 di Sulawesi Tengah. Kabupaten Donggala terdiri dari 16 kecamatan dan 166 desa/kelurahan. Donggala mengelilingi wilayah Kota Palu, dan berbatasan dengan Parigi Moutong di bagian timur, Tolitoli di bagian utara dan timur laut, Sigi di bagian selatan, dan Sulawesi Barat di bagian barat dan barat daya.

Kota Donggala, ibu kota Kabupaten Donggala, akan dicanangkan menjadi Kota Wisata yang diproyeksikan menjadi daerah tujuan wisata penting di Provinsi Sulawesi Tengah, pada beberapa tahun mendatang.

Pemkab Donggala melakukan hal ini karena sesuai dengan potensi yang dimiliki Donggala sebagai kota tua di Sulteng yang namanya sudah terkenal sejak dahulu kala sebagai kota perdagangan. Selain itu, Kota Donggala memiliki potensi wisata yang sangat besar dan beragam, baik wisata pantai dan keindahan alam bawah laut maupun panorama alam dan seni budaya masyarakat. Sudah terbukti kalau ada kegiatan-kegiatan besar berskala provinsi maupun nasional dan internasional, para peserta selalu memilih Donggala dengan obyek wisata Tanjung Karang sebagai pilihan utama untuk berekreasi. Berikut adalah tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di Kabupaten Donggala.

1. Pusat Laut

sumber foto dari https://www.indonesiakaya.com/

Membicarakan Sulawesi memang tidak bisa dipisahkan dengan namanya wisata pantai, laut, dan juga pulau. Hampir di setiap kawasan Sulawesi menyimpan keindahan laut dan pulau yang tidak bisa ditolak. Sebut saja Bunaken dengan segala kemolekannya dan juga Wakatobi yang mulai dilirik oleh banyak traveler dari seluruh dunia.

Selain memiliki wisata bahari yang memikat, Sulawesi juga memiliki destinasi wisata yang unik. Di Sulawesi bagian tengah, kamu akan menemukan sebuah sebuah sumur raksasa. Sumur ini terbentuk alami di dekat pantai dan memiliki air yang super jernih. Kalau kamu mengunjungi Sulawesi Tengah, khususnya Donggala, tempat bernama Pusat Laut Donggala ini wajib dimasukkan list paling atas.

Kalau sumur biasanya terletak di dalam rumah dan dibuat dengan cara bor atau digali, Pusat Laut Donggala ini tidak demikian. Sumur yang memiliki lebar hingga 10 meter ini terbentuk secara alami dengan bagian keliling berupa batuan yang sangat besar. Begitu kamu masuk ke dalam, air yang super jernih akan menyambutmu dengan kesegarannya. Warna dari airnya sangat biru sehingga mirip sekali dengan air laut.

sumber foto dari http://www.wajibbaca.com/

Saat berkunjung ke sini, sempatkan mandi di air yang rasanya asin  meski terletak cukup jauh dari lautan. Saat air laut mengalami pasang surut, air di dalam sumur ini juga terpengaruh. Keadaan ini membuat kedalaman dari air naik turun dari 5 meter hingga ke 7 meter. Naik dan turunnya permukaan air dari sumur membuat pengelola memberikan tangga yang bisa digunakan untuk naik dan turun.

Selain masalah naik turunnya air yang bergantung dengan air laut, air di dalam sumur ini tidak akan pernah keruh. Sebanyak apa pun pengunjung atau anak-anak di desa setempat berenang, air dalam sumur tetap jernih. Kejernihan dan visibilitasnya terjaga dengan baik. Kemampuan yang unik dari sumur ini membuat banyak orang tidak segan untuk berenang di dalam sumur.

Pusat Laut Donggala terletak tidak jauh dari pantai Donggala yang berada di dalam wilayah Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Binawa Tengah, Donggala. Kalau kamu ingin datang ke tempat bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Donggala dari pusat Kota Palu dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Kawasan pantai Donggala sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Kalau kamu ingin menikmati serunya mandi di dalam sumur yang ajaib sekaligus main ke pantai, menginaplah barang 1-2 hari. Kawasan ini memiliki banyak akomodasi yang telah dikembangkan sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dari penduduknya.

2. Pantai Tanjung Karang

sumber foto dari http://nyasarberdua.blogspot.com/

Pantai tanjung karang palu donggala termasuk kedalam tempat wisata populer yang ada di palu. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan kisaran waktu 1 jam atau sekitar 35 kilometer dengan menggunakan mobil atau motor. Wilayah tanjung karang memang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan air laut yang sangat jernih.

Di objek wisata ini anda bisa berang di air laut yang mempunyai ombak kecil. Selain itu anda juga snorkeling dan melihat indahnya biota laut yang terdapat di tanjung karang.

Bagi yang hobbi snorkling dan diving pantai tanjung karang menjadi pesona para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Wilayah pantai tanjung karang banyak dijumpai para wisatawan dari mancenegara yang berkunjung sekedar untuk menikmati pantai dan wisata bawah laut yang menawarkan keindahan sangat eksotik.

sumber foto dari http://nyasarberdua.blogspot.com/

Wisata tanjung karang berupa snorkling dan diving. Menyewa jenis alat snorkling dengan harga sewa sekitar Rp.200.000 – 300.000/set. Bagi yang tidak membawa kamera bawah air anda dapat bisa menyewa dengan harga sekitar Rp. 150.000 – 250.000. Bagi anda yang tidak profesional menyelam, di pantai tanjung karang palu donggala ada pemandu lokal yang dapat membantu para wisatawan menemukan spot snorkling yang indah, selain itu dapat membantu mengambil gambar bawah air. Anda tidak perlu menyewa pemandu karena sudah include dengan sewa alat snorkling.

sumber foto dari https://travelingyuk.com/pantai-di-donggala/21726/

Pesisir pantai tanjung karang palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk. Banyaknya hamparan pantai di lokasi yang berbeda mulai dari pusat kota hingga ke kabupaten Donggala menjadi incaran bagi pelancong. Beragam aktivitas dengan pemandangan laut sepanjang perjalanan menuju pantai tanjung karang palu.

3. Masjid Ar-Rahmat

sumber foto dari https://ramadhan.antaranews.com/

Masjid Ar-Rahmat adalah satu diantara beberapa masjid yang berada di jalan poros antara Kota Palu dan Donggala. Yang membedakan, masjid ini berada tepat di tepian pantai, masjid ini juga memiliki halaman parkir kendaraan yang luas dan rapi, begitupun dengan ruang utama sholat yang dilengkapi dengan pendingin udara… #Ayoo sholat di Masjid, #Ayoo ke Donggala.

Umat muslim berada di Masjid Ar Rahmat yang berdiri di antara pantai dan pegunungan di Desa Loli, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (4/6/2017). Masjid unik berbentuk istana serta memiliki kubah berwarna warni yang diresmikan pada Desember 2016 itu menjadi daya tarik wisata religi umat muslim terutama di bulan Ramadan.

WordPress Image Lightbox