Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten Aceh Singkil adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini juga terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Kepulauan yang menjadi bagian dari Kabupaten Aceh Singkil adalah Kepulauan Banyak. Ibu kota Kabupaten Aceh Singkil terletak di Singkil.

Singkil sendiri berada di jalur barat Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh, Medan dan Sibolga. Namun, jalurnya lebih bergunung-gunung dan perlu dilakukan banyak perbaikan akses jalan agar keterpencilan wilayah dapat diatasi. Diharapkan dalam waktu dekat Pelabuhan Singkil dapat dipergunakan sebagai pelabuhan transit untuk jalur barat Sumatera.

Sebagai salah satu provinsi yang berada di ujung utara pulau Sumatra. Aceh memang menyimpan banyak sekali lokasi wisata yang seru dan menakjubkan. Banyak sekali destinasi tempat wisata di Aceh yang bisa kita kunjungi sebagai destinasi alternatif saat liburan nanti. Mungkin, memang keberadaan dari provinsi ini tidak seperti destinasi tempat wisata di indonesia yang lain. Wisatawan indonesia sendiri bisa dikatakan masih belum banyak mengalihkan pandangan mereka untuk sejenak melirik kawasan wisata yang satu ini. Padahal kawasan ini banyak sekali memiliki lokasi tempat wisata indonesia yang terindah. Beragam jenis wisata dapat kita temukan di Provinsi Serambi Mekah ini.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu destinasi tempat wisata yang berlokasi di aceh. Kita akan membahas mengenai tempati wisata di Singkil. Salah satu kota yang juga menyimpan beragam jenis destinasi wisata yang pastinya akan sangat menarik untuk di kunjungi. Jika kalian merasa perlu untuk menemukan destinasi wisata yang baru dan menarik, maka lokasi wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Inilah beberapa tempat destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Kabupaten Aceh Singkil.

1. Pulau Tailana

Sumber foto dari https://travel.kompas.com/Barry Kusuma

Keindahan alam yang ada di Provinsi Aceh memang, tak bisa kita abaikan begitu saja. Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang menyenangkan di kawasan provinsi aceh. Salah satu lokasi wisata yang cukup menarik adalah Pulau Tailana. Sebuah pulau tropis yang bisa dikatakan merupakan salah satu pulau terbaik di Indonesia. Pulau ini memang tak terlalu besar dan bahkan  tak berpenghuni.

Namun, sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Singkil, kawasan ini wajib masuk kedalam list liburan kalian. Pantainya yang berpasir putih akan menggoda siapa saja untuk bermain dan menikmati kelembutan pasirnya. Selain itu biru bening lautan akan sangat tidak baik jika tidak dimanfaatkan dengan sepenuhnya. Apalagi kalau bukan dengan snorkling, menikmati keindahan bawah laut yang mempesona.

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia, keberadaan dari pulau yang satu ini merupakan sebuah anugerah. Meskipun, masih belum banyak wisatawan lain yang tau mengenai keberadaan dari pulau nan cantik ini. Pemandangan bawah laut yang disajikan oleh pulau ini memang sangat menggoda. Bagi kalian yang ingin menuju kawasan ini maka harus menggunakan kapal feri, atau bisa juga menggunakan kapal-kapal nelayan yang ada di kawasan pelabuhan Singkil. Untuk dapat menuju kawasan ini sendiri dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam waktu tempuh. Salah satu hal yang sangat menarik adalah, jika kita berkunjung ke pulau ini, maka kita akan merasakan seperti sedang berlibur di pulau tropis milik pribadi

2. Pulau Rangit

Sumber Foto dari https://steemit.com/

Di aceh terdapat pulau yang tak terhitung jumlahnya,,salah satunya yaitu “pulau rangit”Pulau Rangit kecil merupakan pulau yang ada di kepulauan Banyak.

Mercusuar menjulang tinggi dengan pemandangan biru tosca air laut semakin betah berlama disini.Pulau rangit termasuk nama nama atau julukan salah satu pulau aceh yang terdapat di kepulauan banyak aceh singkil Arti dari julukan Rangit ini , berarti ‘’nyamuk’’.

karna orang pada zaman dulu, mempercayai pulau ini rumah bagi spesies serangga bernama nyamuk, sehingga tempat wisata ini disebut sebut warga menjadi salah satu pulau terseram diaceh.

Namun seiring perubahan dan perkembangan zaman,pulau ini menjadi tempat wisata bagi warga yang ada di aceh karna tempatnya yang indah.

3. Pulau Palambak

Sumber Foto dari http://pesona-indonesia-kita.blogspot.com

Indah, cantik, romantis merupakan tiga kata yang bisa kita gunakan untuk menggambarkan pulau yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa kawasan pulau ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih tersembunyi di kawasan Aceh. Pulau yang satu ini memiliki keindahan alam yang tak bisa diremehkan begitu saja.

Hamparan pasir pantainya yang putih bersih membuat kita merasa sayang untuk tidak bermain-main. Serta pantainya yang bisa dikatakan cukup tenang merupakan salah satu wahana yang menyengkan untuk di coba. Kita bisa bersantai dan menikmati ketenangan dari ombak pantai tersebut. Pulau ini sendiri, memiliki beberapa buah cottage yang bisa kita sewa.

Namun, pada dasarnya pulau yang satu ini tergolong sepi dan tak banyak orang yang datang berkunjung. Sehingga suasana berlibur seperti di pulau pribadi merupakan salah satu hal utama yang bisa kita temukan. Pulau yang berada di kecamatan pulau Banyak, Aceh Singkil, ini merupakan salah satu lokasi yang sangat cocok bagi kalian yang merindukan suasana yang sepi dan tenang. Salah satu moment yang terbaik untuk menikmati pulau ini adalah pada saat matahari tenggelam. Duduk di tepi pantai sembari memandang matahari yang perlahan tenggelam, sungguh suasana yang tenang dan nyaman untuk berlibur.

WordPress Image Lightbox