Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Eksotisnya Lombok Timur

Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km² menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Selain populer dengan sebutan Pulau Seribu Masjid, Lombok juga layak disebut sebagai Pulau Seribu Satu wisata. Pulau Lombok memang memiliki berbagai macam destinasi wisata dengan pemandangan yang memukau. Mulai dari pantai, gunung, bukit, semua jadi spot wisata Lombok yang sangat populer. Bahkan hingga ke mancanegara.

Selain Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air) yang begitu populer di wilayah utara, juga Gili Nanggu di wilayah selatannya, wisata Lombok juga memiliki beberapa Gili lain di sisi timur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yup, setiap kawasan wisata Lombok memang memiliki destinasi yang memukau. Seperti destinasi wisata Lombok Timur berikut ini yang bias kalian kunjun

1. Tanjung Bloam

Sumber foto dari Sujatmiko Hidayat

Pantai tanjung bloam memiliki keindahan yang tidak lazim. Selain pasir yang putih dan laut yang biru, tanjung Bloam memiliki daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah yang eksotis. Dibawahnya anda dapat menikmati laut diatas bau-batu cadas yang sangat bersih.

sumber foto dari http://www.belonomi.com/

Terdapat pula tebing-tebing tinggi yang tak kalah menarik untuk dijajaki yang pasti menampilkan pemandangan indah luar biasa. Pemandangan di tanjung Bloam ini bak lukisan tiga dimensi yang sangat indah. Jika anda mengunjungi pulau lombok, jangan lupa untuk mengunjungi Tanjung Bloam ya. Dijamin tidak rugi dengan keindahan yang didapatkan.  Daya tarik tanjung ini ada pada batu cadasnya, sangat menakjubkan. Jika dilihat Tanjung Bloam ini mirip dengan lukisan pelukis yang ulung.  Ketika berada disini anda seperti melihat karya pelukis yang sangat indah.  Anda bisa menelurusi pesisir pantai untuk mengetahui keindagan Tangjung Bloam ini lebih detail.

2. Sembalun

sumber foto dari @charma_gunawan

Sembalun adalah sebuah kecamatan wisata yang terlatak di Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,18 km². Sembalun terdiri dari beberapa desa yang menawarkan keindahan pemandangan desa yang masih tradisional. Dengan menyuguhkan petak-petak sawan yang berjajar rapi serta sistem irigasi seperti Indonesia masa lalu.

sumber foto dari https://www.genpilomboksumbawa.com/

Sembalun terletak di kaki gunung Rinjani sehingga udaranya masih sangat bersih dan hawa yang dingin menyamankan anda. Selain pemandangan hijau karena sawah dan pegunungan, desa ini dikelilingi tebing yang megah. Sehingga menjadikan pemandangan Sembalun lebih indah lagi. Sembalun memiliki peran penting sebagai jalan masuk pendakian gunung rinjani sehingga cocok untuk menjadi tempat persinggahan para pendaki. Desa-desa di sembalun juga menjadi pengindah nuansa malam kala dinikmati di pendakian dengan lampu meonnya yang menyala. Disamping itu, ketika kabut turun, sembalun benar-benar sangat menyajikan suatu keindahan yang berbeda.

3. Aiq Temer

sumber foto dari http://www.paditranslombok.com/

Kali ini Lombok timur menghadirkan Aiq Temer. Aiq temer adalah sebuah nama air terjun yang berada di kawasan gunung Rinjani. Aiq Temer ini sangat indah dengan nuansa hutan yang alami. Di samping air terjun terdapat daun-daun yang bergelantung di tebing sehingga air terjun ini benar-benar dikelilingi nuansa hijau. Aiq temer ini bagaikan surga yang tersembunyi di Lombok Timur. Bisa kita lihat, betapa indah dan asrinya Aiq temer tersebut. Jika dilihat dari atas tebing, hanya pemandangan hijau dan pohon yang rindang mengelilingi air terjun.

Airnya yang jernih dan segar cocok untuk anda berbasah-basah ria. Karena lokasinya yang di gunung, maka anda akan disuguhkan pemandangan pohon-pohon hijau yang menenangkan. Anda juga akan menemukan monyet-monyet gunung liar sepanjang perjalanan. Harga tiket masuk air terjun ini sangat terjangkau, hanya 2500 rupiah untuk keindahan yang langka.

4. Pantai Pink

sumber foto dari https://www.jejakpiknik.com/pantai-pink/

Pantai pink memiliki keindahan yang tak lazim dan patut  anda coba. Pasirnya yang brwarna pink menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki pantai manapun. Pantai ini terletak di desa sekaroh, kecamatan jerowaru Lombok Timur. Sebenarnya pasir di pantai ini berwarna putih, hanya saja pasirnya bercampur dengan serpihan terumbu karang yang berwarna merah sehingga menjadikan pantai ini berwarn a pink. Pemandangan akan sangat berbeda ketika anda melihat warna pink berbaut dengan hijau dan birunya laut. Membuat anda akan terkagum-kagum.

sumber foto dari https://www.jejakpiknik.com/pantai-pink/

Selain pasirnya yang pink, pantai ini juga dikelilingi tebing yang dapat anda daki untuk menikmati keindahan dibawahnya. Air dipantainya pun cukup tenang sehingga anda dapat bermain air dengan rasa aman. Tarif disini hanya ditarif 10.000 rupiah per orang. Sangat murah untuk keindahan yang tidak lazim. Tidak hanya pantainya saja yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk wisata, namun di sekitar pantai Pink ini terdapat goa peninggalan penjajah Jepang yang saat itu digunakan untuk memantau musuh yang menyerang melalui perairan.

WordPress Image Lightbox