Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Hangatnya Alam Lombok Barat

Kabupaten Lombok Barat adalah sebuah Kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Gerung. Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten yang sangat penting untuk Nusa Tenggara Barat, karena merupakan pusat pemerintahan di wilayah ini.

Lombok barat dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Kota lombok sendiri terkenal dengan pesona lautnya yang sangat memukau. Memang pulau lombok barat dikelilingi oleh perairan laut yang sangat indah. Bahkan banyak tempat wisata Lombok Barat yang dijadikan syuting sinetron karena pesona wisatanya yang begitu indah dan menawan. Lombok berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok barat juga dikenal dengan pulau seribu masjid sebab banyak masjid yang didirikan di pulau ini. Masyarakatnya yang mayoritas muslim membuat pulau ini dijuluki pulau sejuta masjid.  Pulau lombok dibagi menjadi 4 kabupaten. Kabupaten tersebut adalah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan yang terbaru adalah Lombok Utara. Kali ini yang akan kita bahas adalah  tempat wisata di lombok barat.

Sebelum mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di Lombok ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengan pulau lombok terlebih dahulu. Di Lombok, kebudayaan masih sangat terjaga dengan baik.  Misalnya suku sasak di lombok masih ada sampai sekarang. Desa Sade adalah desa yang tertua di Suku Sasak, kini desa yang ada di Suku Sasak telah menjadi 9 kampung atau desa. Desa Suku Sasak didiami oleh 150 orang dan ada 150 kepala keluarga yang biasanya didiami oleh 700 penduduk.  Membahas soal pernikahan, pernikahan antara Suku Sasak dinilai lebih ekonomis jika dibandingkan pernikahan antara Suku Sasak dengan luar Suku Sasak.  Sedangkan tempat wisata di lombok barat kebanyakan adalah wisata agraris atau pantai dan laut. Wisata lautnya yang biru dan hijau membuat kota Lombok semakin menarik.

1. Pantai Kerandangan

sumber foto dari http://www.tempatwisatadilombok.com/

Tidak hanya mempesona masyarakat kota Mataram, namun beberapa lapisan masyarakat lombok  maupun turis mancanegara sangat memukau wisatawan.  Saat liburan, lokasi wisata ini akan banyak dikunjungi olehh wisatawan.  Pantai ini lokasinya berada di sebelah utaranya Pantai Senggigi. Namun lokasi wisata ini sudah jatuh ke tangan investor, namun sangat terbengkalai. Oleh karena itu, pengelola pantai mulai mengurusi pantai tersebut dengan memungut retribusi kepada pengunjung yang akan berkunjung  ke lokasi wisata ini. Pedagang yang ada di sana pun juga ditarik retribusi sebesar 5 ribu rupiah setiap bulannya. Namun saat hari libur retribusi dinaikkan mengingat banyaknya warga yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini.

Pantai kerandangan memang memiliki pesona alam yang luar biasa. Maka tak heran banyak para wisatawan yang berkunjung ke sana dan menikmati keindahan alamnya. Dengan pesona pantai yang eksotis ini akan membuat Anda melupakan segera kepenatan yang ada. Bahkan rasa lelah seketika akan pudar dan menghilng begitu saja.

Di pantai kerandangan ini, Anda akan mendapati pantai dengan air birunya yang sangat jernih. Dengan gulungan ombak yang tingginya mencapai 2 meter menambahkan keistimewaan tersendiri. Hamparan pasir yang berwarna putih ini pun, tampak kontras dengan warna biru air lautnya. Jangan lupakan pepohonan kelapa yang tumbuh subur di tepian pantainya, bisa digunakan untuk berteduh bila cuaca sedang panas. Pastinya Anda akan meresa takjub bila menikmati keindahan alam pantai kerandangan.

Selain hanya dapat menikmati keindahan banyak hal-hal yang menarik yang bisa Anda lakukan di wisata pantai kerandangan di Lombok Barat ini. Anda bisa mencoba berenang maupun bermain air di pinggiran pantai tersebut. Namun, kami ingatkan untuk tidak berenang terlalu ke tengah karena mengingat pantai ini memiliki ombak yang sangat besar.

Jadi sangat berbahaya sekali bila Anda berada di tengah-tengah. Tak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan keindahan pantai untuk berfoto disana. Dengan view pemandangan dan panorama yang sangat indah ini. Akan membuat foto Anda semakin lebih keren di sosial media nanti.

2. Pura Batu Bolong

sumber foto dari www.tweater.com

Wisata Pura Batu Bolong Lombok Barat – Keindahan alam Indonesia bagian timur memang tak dapat diragukan lagi. keindahan alamnya memang sangatlah mempesona dan masih asri. Tentunya akan membuat Anda takjub bila datang ke tanah bagian timur ini. Salah satu wilayahnya adalah Lombok Barat ini. Memiliki alam yang masih asri dan tentunya alami. Membuat kawasan kepulauan ini menjadi sangat lebih indah.

Tentunya Anda akan heran mengapa Pura Batu Bolong ini menjadi destinasi wisata yang paling populer. Apalagi di kalangan para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena keindahan alam di sekitaran pura batu bolong ini sangatlah luar biasa. Tentunya untuk objek wisata alam yang satu ini sangatlah berbeda jika di bandingkan dengan yang lainnya.

Pura batu bolong, merupakan sebuah pura yang didirikan di atas bebatuan yang bolong di pinggiran pantai. Tentunya inilah yang membuat Anda akan takjub dengan pura berada di pinggiran laut yang dapat memecahkan deburan ombak. Pastinya Anda tak akan menyia-nyiakan wisata religi sekaligus wisata alam yang satu ini.

Kawasan Pura batu bolong ini memang terletak di pinggiran pantai. Sehingga bila Anda berkunjung ke sana jangan lupa untuk bermain-main di pantainya. Dengan ombak yang tak lumayan besar, sehingga para wisatawan hanya dapat bermain air dengan kolam alam yang tercipta di antar bebatuan di pinggiran pantai.

Ketika Anda berniat ke wisata pura batu bolong Lombok Barat yang satu ini, tidak menarik bila hanya diam saja. Selain hanya dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan disana. Anda bisa bermain air di pinggiran pantainya. Tetapi ingat Anda tidak disarankan untuk berenang di sana. Bagi Anda yang mempunyai hobi berfotografi mungkin bisa mencoba berburu sunset di sekitaran wisata tersebut. Karena pada saat sore banyak sekali orang yang menawan alat fotografi ke wisata ini. Merekalah yang di maksud dengan pemburu sunset. Tak hanya itu, para anak muda pun juga nampak memadati wisata ini karena ingin berfoto saat terjadinya sunset.

3. Hutan Lindung Sesaot

sumber foto dari https://mobillombok.com/

Tidak hanya wisata panta, air terjun dan juga gunung, tapi terdapat pula sebuah hutan di Lombok yang sering dijadikan tempat wisata menarik, bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Yaitu Sesaot Lombok yang merupakan pemandangan hutan alam yang masih asli dan sangat alami. Di dalamnya pun terdapat beberapa hewan khas pedesaan yang bisa memberikan petualangan berbeda saat mengunjungi kawasan wisata ini. tempat ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin menghilangkan bosan, lelah, penat ataupun badmood karena disini akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang sangat segar dan sejuk.

Berbeda dengan kawasan wisata lainnya, bahwa pada kawasan yang satu ini para pengunjung akan selalu dimanjakan dengan pemandangan yang menyegarkan, hawa yang menyejukkan dan juga suasana yang sangat menenangkan hati. Wisata alam Sesaot Lombok ini merupakan sebuah hutan Lindung yang ada di Lombok yang masih sangat alami dan asri. Karena hutan ini sangat terjaga kebersihannya dan bahkan memilikki sumber mata air yang sangat jernih dan segar yaitu berasal dari Gunung Rinjani.

Jika menyentuh mata air ini maka akan terasa dingin dan sangat menyejukkan. Bahkan sumber mata air yang berupa sungai jernih ini juga memberikan pemandangan yang leih eksotis dan bisa dijadikan spot foto yang sangat indah, dengan latar pepohonan hutan yang tinggi nan hijau. Hutan ini memiliki luas mencapai kisaran 5.999 hektar yang termasuk pada hutan kawasan wisata untuk sebagian besarnya. Adapun selebihnya adalah hutan buatan dan hutan yang terbentuk secara alami.

WordPress Image Lightbox