Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Keajaiban Alam Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara (KLU) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Tanjung. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat.[4] Merupakan kabupaten termuda di NTB yang memiliki luas 776,25 Km², dan secara geografis berada di Kaki Utara Gunung Rinjani. Daerah ini memiliki sejumlah objek Wisata yang cukup terkenal di mancanegara, seperti Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Air Terjun Sendang Gila (Desa Senaru, Bayan), serta keindahan Danau Segara Anak yang ada di Lereng Gunung Rinjani.

Kabupaten Lombok Utara memiliki banyak kekayaan alam yang menyimpan potensi besar sebagai objek wisata. Jenisnya pun beragam ada air terjun, desa adat, bangunan bersejarah dan tak ketinggalan pantai-pantainya yang eksotis. Langsung saja ini dia tempat wisata di kabupaten Lombok utara yang membuat liburan wisatawan makin berwarna.

Apa saja tempat eksotis dan menawan untuk kamu jadikan tempat berlibur yang tak terlupakan di Lombok Utara ini, berikut kami berikan tempat-tempat mana saja yang wajib kamu kunjungi jika berada di Lombok Utara.

1. Air Terjun Sendang Gile

sumber foto dari https://www.holidayislombok.com/dhani_susilowati

Air Terjun Sendang Gila merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ribuan turis tercatat telah mengunjungi air terjun ini dalam kurun waktu satu tahun. Bisa dibilang, Air Terjun Sendang Gila ini menjadi destinasi wisata yang paling  populer di kawasan taman nasional Gunung Rinjani. Air terjun dengan pemandangan alam yang sangat indah ini berada 600 meter di atas permukaan air laut. Pengunjung harus melewati jalan setapak untuk menuju air terjun ini. Rute perjalanan dimulai dari Desa Senaru. Aksesnya tidak terlalu sulit dan hanya dibutuhkan waktu tempuh 20 menit saja untuk dapat sampai di air terjun ini.

Namun jika ditempuh dari Kota Mataram, pengunjung harus menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, yaitu 2 jam. Sesampainya di air terjun ini, para pengunjung akan disuguhi air terjun setinggi 31 meter lengkap dengan pemandangan hijau nan sejuk dan segar di sekelilingnya. Nuansa alami begitu kental di sini. Cocok sekali untuk anda yang merindukan suasana tenang dan dekat dengan alam.

Sumber foto dari https://wisatanegeri.com/

Apalagi suasana dingin akibat percikan air dari air terjun menjadikan tubuh dan pikiran terasa nyaman dan  damai. Ada yang unik dari objek wisata alam yang satu ini, yaitu anak tangga sebanyak 315 buah yang disusun sebagai akses untuk menuju ke air terjun ini. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk menuruni anak tangga ini hingga sampai di ujung tangga. Kemudian para penduduk lokal juga percaya bahwa air pada Air Terjun Sendang Gila ini dapat menjadikan siapapun yang membasuh atau meminumnya akan terus awet muda.

2. Pantai Lokok Piko

Sumber foto dari https://www.suarantb.com/

Satu dari 14 tempat wisata di Lombok Utara berikutnya adalah Pantai Lokok Piko. Berbeda dengan Pantai Sire, Pantai Lokok Piko ini berpasir hitam. Meski begitu, pemandangan di sekitarnya sangat indah. Deretan pohon kelapa di sepanjang tepi pantai semakin menambah nuansa alami di pantai ini. Ada juga beberapa gerombol semak-semak yang dapat dijumpai di tepi pantai. Air pantainya berwarna biru dan berombak kecil. Topografi pantainya sangat landai sehingga sangat aman bagi anda untuk berenang atau hanya bermain-main dengan ombak pantai. Gulungan awan di langit biru semakin menyempurnakan keindahan alam pantai yang sudah ada. Suasana yang sepi karena memang tidak banyak pengunjung yang dapat semakin membuat pantai ini seolah seperti milik pribadi. Jumlah pengunjung yang tidak banyak ternyata membuahkan dampak yang positif bagi alam pantai ini. Mengapa? Tidak ada satu pun sampah berserakan di area pantai ini.

sumber foto dari https://allindonesiatourism.com/

Pantai  Lokok Piko sekarang sudah semakin terkenal saja, bahkan banyak bule datang untuk melihat langsung pesona ombak tenang menghantam bibir pantai. Kamu jangan mau kalah, ayok leburan ke sini secepatnya. Suasananya begitu nyaman, pasir pantai nampak putih kemudian ada pepohonan lebat pembawa kesejukan. Berbagai kegiatan seru tentu sudah menunggumu, seperti snorkeling, berenang, hingga diving mengintip terumbu karang dan kehidupan bawah laut lombok yang eksotis.

3. Pantai Sire

sumber foto dari https://www.pergiberwisata.com/pantai-sire-lombok/

Pantai Sire layak masuk dalam daftar kunjunganmu saat liburan ke Lombok Utara. Pantai ini hanya berjarak sekitar 35 km dari kota Mataram atau tepatnya berada di desa Medana. Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang dengan deretan pepohonan yang menjadi ciri khasnya.

sumber foto dari http://www.lombokgilis.com/

Pantai Sire memiliki ombak yang cukup landai dan kondisi air yang jernih. Di perairan dangkalnya terlihat jelas hamparan terumbu karang cantik yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil berwarna-warni. Maka dari itu setiap wisatawan yang datang ke pantai ini pasti tidak sabar untuk berenang ke tengah untuk snorkelingan.

WordPress Image Lightbox