Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten Bondowoso adalah sebuah kabupaten di ProvinsiJawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dari Dataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.

Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda. Kabupaten Bondowoso memiliki luas wilayah 1.560,10 km2 yang secara geografis berada pada koordinat antara 113°48′10″ – 113°48′26″ BT dan 7°50′10″ – 7°56′41″ LS.

Kabupaten Bondowoso memiliki suhu udara yang cukup sejuk berkisar 15,40 0C – 25,10 0C, karena berada di antara pegunungan Kendeng Utara dengan puncaknya Gunung Raung, Gunung Ijen dan sebagainya di sebelah timur serta kaki pengunungan Hyang dengan puncak Gunung Argopuro, Gunung Krincing dan Gunung Kilap di sebelah barat. Sedangkan di sebelah utara terdapat Gunung Alas Sereh, Gunung Biser dan Gunung Bendusa.

Letak Kabupaten Bondowoso tidak berada pada daerah yang strategis. Meskipun berada di tengah, namun Kabupaten Bondowoso tidak dilalui jalan negara yang menghubungkan antar provinsi. Bondowoso juga tidak memiliki lautan. Ini yang menyebabkan Bondowoso sulit berkembang dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Bondowoso juga memiliki beberapa tempat wisata menarik yang wajib kita kunjungi apabila kamu berada di kota ini. Yuk, kita cari tau tempat wisata mana aja sih yang lagi hits saat ini.

1. Wisata Air Terjun Blawan Yang Unik

Sumber foto dari https://marketing.co.id/air-terjun-hangat-blawan-bondowoso/

Wisata air terjun yang berada di Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Kalianyar. Dari pusat Kota Bondowoso Berjarak sekitar 52 Km.

Wisata Air terjun di Bondowoso ini merupakan Hilir sungai Kali Pahit,sumber air yang bersumber dari Rembesan Kawah Ijen. Hasil air ini mengandung kadar belerang, serta di kelilinginya air terjun dengan tumbuhan Macadamia.

Di tempat wisata alam Bondowoso ini anda bisa mandi di pemandian air panas. Masih dalam kawasan Obyek wisata air Terjun Blawan.

Di sini juga di sediakan fasilitas Hotel dan Shelter. Yang membedakan air terjun ini di indonesia adalah Muara aliran air terjun Blawan langsung ke dalam tanah.

Air terjun ini menyerupai air terjun Niagara Amerika, sehingga akhirnya aliran air terjuan akan bermuara di Asembagus Situbondo,indah bukan?

Apalagi dengan track jalan yang menantang menuju air terjun ini dengan melewati jalan yang naik turun di antara Tebing-tebing.

2. Wisata Seru dan Menantang Bosamba Rafting

http://baliajeg.com/bosamba-rafting/

Wisata dengan adrenalin yang menantang juga ada di Bondowoso. Tepatnya di Obyek wisata arung jeram Bosamba.Lokasinya berada di Kec Taman Krocok, Kab Bondowoso. Asal nama Bosamba yaitu berasal dari singkatan “Bondowoso-Sampean Baru”.

Obyek wisata ini di nikmati oleh warga dalam dan Luar daerah Kabupaten Bondowoso. Banyak juga wisatawan yang berasal dari luar daerah Bondowoso bahkan turis luar Negeri, terutama wisatawan pecinta olahraga Arung jeram.

Anda bisa mencapai obyek wisata ini dengan mudah. Karena akses transportasi dan jalan menuju ke tempat wisata adrenalin di Bondowoso ini sangat mudah. Sekitar 2 Km dari Jalan Raya Provinsi di kecamatan Wonosari

Track di Bosamba rafting cukup menantang dengan karakter sungai yang berkelok,berbatu dan bertebing membuat adrenalin anda akan terpacu. Sensasi yang luar biasa akan tersaji bila anda mencoba olahraga rafting di Bosama rafting ini.

3. Wisata kawah Ijen Yang Mempesona

sumber foto dari http://wisataindonesia69.blogspot.com/2016/08/tips-wisata-kawah-ijen-bondowoso.html

Wisata alam yang menakjubkan keindahannya. Akses jalan yang sulit dan menantang akan tersaji di track menuju kawah Ijen bagi anda yang suka survival dan tantangan.

Anda bisa mengunjungi kawah ijen melalui 2 jalur track yaitu jalur utara dan jalur selatan. Apabila anda melalui jalur utara anda akan melalui jalan Situbondo ke arah Bondowoso(jalur Sempol) berhenti di Paltuding.

Dengan menempuh waktu sekitar 2,5 jam. Sedangkan dari arah selatan anda bisa menuju ke kawah ijen dengan melalui kota Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 35 Km.

Anda akan mendaki sekitar 3 km untuk sampai ke kawah ijen, dengan track kemiringan tanah 25-35. Anda bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Apabila anda ingin mendaki siapkan fisik yang prima serta berhati-hati saat perjalanan karena track yang berpasir dan cukup menanjak. Akan tetapi akses pendakian yang sudah cukup baik karena sudah di benahi oleh pemerintah.

Di sepanjang jalan pendakian banyak tersedia warung-warung menuju kawah ijen, sehingga anda tidak di tuntut untuk membawa bekal berlebih.

Di sini juga tersedia penginapan dan area camp, sehingga anda tidak usah bingung untuk beristirahat.Rasa lelah anda saat mendaki akan terbayar lunas saat ketika di kawah ijen ini, karena keindahan alam dan panorama menakjubkan.

Anda akan menjumpai blue fire (api biru) di kawah ini, api biru ini hanya muncul di dua tempat di Dunia.

Jadi tunggu apalagi, keindahan alam yang akan di suguhkan oleh salah satu kota di Jawa Timur ini gak akan bikin kalian nyesel lho.

WordPress Image Lightbox