Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten Musi Rawas atau Musirawas adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Mungkin masih banyak traveler yang belum mengetahui tempat-tempat menarik yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Padahal cukup banyak tempat wisata di Sumatera Selatan yang menarik untuk dikunjungi berada di Kabupaten Musi Rawas. Mungkin dikarenakan minimnya informasi tentang destinasi wisata yang ada di Musi Rawas, dan juga masih cukup banyak “surga-surga tersembunyi “ di bumi Musi Rawas. Dan berikut ini obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

1. Danau Gegas

Sumber foto dari http://travel.tribunnews.com/

Danau Gegas mungkin belum banyak dikenal sebagai lokasi tujuan wisata oleh masyarakat di luar Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Jangankan pelancong dari luar Musirawas, wisatawan dari daerah setempat pun masih jarang mengunjungi tempat ini. Padahal, keindahan alam kawasan seputar Danau Gegas cukup memesona. Daerah ini layak dikembangkan menjadi tempat wisata yang menjanjikan.

Ada sebuah bendungan di Danau Gegas yang terletak di Desa Sugih Waras Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Dari atas tebing di sisi bendungan, sejauh mata memandang terlihat permukaan danau yang luas.

Sumber foto dari http://disbudpar.musirawaskab.go.id/danau--gegas.html

Permukaan danau tenang, menyejukkan pandangan mata. Tiga orang bersampan di Danau Gegas, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan Pepohonan menghijau berlatar belakang pemandangan Bukit Barisan di kejauhan. Sesekali kecipak suara riak-riak air tertiup angin terdengar memecah bebatuan tepian danau. Sayangnya, Danau Gegas belum memiliki kelengkapan fasilitas publik layaknya sebuah tempat wisata.

Bendungan Air Gegas di Danau Gegas, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan. Menurut penuturan penduduk setempat, Danau Gegas membentang dalam wilayah tiga kecamatan. Sebagian danau masuk wilayah Kecamatan Sukakarya, ada yang di daerah Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut dan sebagian lagi masuk Kecamatan Muarabeliti.

Untuk mencapai Danau Gegas, bisa masuk dari Simpang Gegas yang jalan masuknya di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut. Jika dari arah Kecamatan Muarabeliti, simpang jalan menuju Danau Gegas terletak di sebelah kiri Jalinsum. Jarak tempuh dari simpang hingga ke lokasi bendungan, kurang lebih sekitar tujuh kilometer. Jalan masuk dari Simpang Gegas hingga sampai ke danau, sudah relatif baik dan mudah dilalui.

2. Masjid Agung Darussalam

sumber foto dari http://kabupatenmusirawas.blogspot.com/

Masjid agung darussalam adalah masjid baru yang dimiliki oleh kabupaten musi rawas, tepatnya di daerah muara beliti di komplek agropolitan center. Masjid ini sangat lah besar dan masjid yang terbesar dimiliki oleh kabupaten musi rawas.

Letak bangunannya berada ditengah-tengah daerah perkantoran yang ada di muara beliti. Dengan memiliki bangunan yang sangat luas dan megah, membuat setiap orang yang melihatnya takjup akan keindahan rumah ALLAH. Dengan di sekitarnya ditumbuhi pepohonan dan air mancur akan menambah keindah dari masjid itu sendiri.

sumber foto dari http://disbudpar.musirawaskab.go.id/wisata--religi.html

Masjid ini telah tercacat sebagai lokasi rekor muri khatam al-quran pada tahun lalu, sering sekali di jadikan tempat untuk acara-acara yang berbau tentang islamiah. Walau pun di kawasan agropolitan center adalah kawasan yang baru di buka beberapa tahun ini dan baru adanya pembangunan yang besar-besaran disana oleh bupati musi rawas yakni bapak H. Ridwan Mukti yang ingin membuat kabupaten musi rawas ini menjadi kabupaten yang maju dan ramai. Salah satunya dengan membangum masjid yang terbesar didaerah itu dan membangun perkantoran-perkantoran disekitarnya.

3. Bukit Botak Desa Sukakarya

sumber foto dari http://triocandraihptunib.blogspot.com/

Nama yang unik untuk sebuah nama bukit di Kabupaten Musi Rawas, hal ini dikarenakan di atas bukit tidak adanya tumbuhan sama sekali jadi hanya bebatuan yang ada di puncak bukit.  Maka nama bukit ini oleh masyarakat setempat dinamakan sebagai Bukit Botak. Dan di bukit ini juga terdapat Batu Megalit yang hingga kini masih diteliti. Inilah spot favorit anak-anak muda ketika menghabiskan hari libur, yang tak jarang nge-camp semalam di Bukit Botak sembari menikmati sunrise di pagi harinya. Udara yang sangat sejuk dan juga hijaunya areal persawahan menjadi sajian utama ketika kamu berada di Bukit Botak. Temaram senja di tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga cukup eksotis, dan yang pasti selfieable banget. Lokasi Bukit Botak terletak di Desa Sukakarya, yang masih berada di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas.

WordPress Image Lightbox