Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Panorama Alam Situbondo

Kabupaten Situbondo , adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia dengan pusat pemerintahan dan ibu kota kabupaten terletak di Kecamatan Situbondo.[2][3]

Kabupaten ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

Situbondo merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten ini berada di dekat banyuwangi dan juga memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang tersimpan di Situbondo. Situbondo punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Situbondo, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Situbondo jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Situbondo ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Surabaya, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Situbondo yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi. Berikut kami ulas secara singkat Tempat Wisata di Situbondo Terbaru yang harus segera Anda explore.

1. Pantai Bama

Sumber Foto dari https://www.indonesiakaya.com

Selain memiliki objek wisata alam susur gua, Jawa Timur juga menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata alam berupa pantai. Bukan tanpa sebab, pasalnya Jawa Timur juga dikenal sebagai kawasan yang kaya akan pantai dengan beragam karakteristiknya. Tak terkecuali Pantai Bama, sebuah pantai nan indah dengan pasir putih dan air jernih yang berada di balik eksotika Taman Nasional Baluran.

Secara administrasi, Pantai Bama masuk dalam wilayah Situbondo. Untuk sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sekitar 8 km. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disajikan keindahan Taman Nasional Baluran, yang hijau di musim hujan dan terlihat gersang di musim kemarau.

Tiba di lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan.

2. Air Terjun Talempong

sumber foto dari Kominfo Situbondo

Wisata air terjun talempong  situbondo , adalah salah satu tempat wisata alam  yang berada di desa  Talempong , kecamatan Banyuglugur , kabupaten  Situbondo , provinsi  Jawa Timur , negara Indonesia . 

wisata air terjun talempong situbondo ,adalah Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bias memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 rupiah ,terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh wisata air terjun talempong situbondo, bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota  situbondo , tidak menggunjungi wisata alam  yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. wisata air terjun talempong situbondo  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, 

Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata alam  ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata air terjun talempong  di kota Situbondo.

Wisata Air Terjun Talempong ,  Merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  talempong , juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal, maupun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri.Kota Situbondo  juga terkenal akan begitu banyak obyek wisatanya , salah satunya wisata air terjun talempong ini , Jika anda tiba di gapura Desa Talempong, udara dingin dan sejuk akan menyapa. Sebelum gapura desa, pohon dan ranting kosambhi (kesambi) yang batangnya kemerah-merahan tumbuh di kanan dan kiri jalan .  Lumut berwarna hijau  ini berkembang biak di bebatuan air terjun Telempong. Karna tempat ini sangat lembab. Katanya lumut ini juga bisa dijadikan obat. Selain itu wisata air terjun talempong ini memiliki air yang segar dan dingin , sehingga cocok sekali bila anda berwisata di air terjun ini waktu musim kemarau saja . nama air terjun ini di ambil dari nama desa tempat air terjun ini berada yaitu desa talempong , karena itulah air terjunnya di namakan dengan nama air terjun Talempong.

3. Puncak Rengganis Gunung Argopuro

Sumber foto dari https://www.teluklove.com/

Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Baderan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Situbondo tidak mengunjungi wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru.  Keindahan wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Puncak Rengganis Argopuro di kota Situbondo.

Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Situbondo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Situbondo juga terkenal akan wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak, salah satunya adalah puncak Rengganis. Selain memiliki daya tarik khas puncak gunung, di Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamnya. Puncak Dewi Rengganis ini, konon merupakan bekas kawah belerang dan menggandung nilai sejarah yang masih belum terungkap. Keelokan panorama Puncak Rengganis mengandung nilai historis, pemandangan alamnya masih ‘perawan’ atau asri. Menurut keterangan warga setempat puncak Dewi Rengganis merupakan puncak yang sering memancararkan cahaya atau warna kebiru-biruan setiap hari-hari tertentu.

WordPress Image Lightbox