Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Panorama Lombok Tengah yang indah

Kabupaten yang beribukota di Praya ini memang memiliki lebih banyak pantai keren yang telah dikembangkan sebagai tujuan wisata dibanding daerah lain di pulau yang sama. Selain itu ada pula pilihan wisata petualangan ke Gunung Rinjani serta wisata budaya ke desa adat yang mungkin bisa menjadi referensi jika kamu ingin berkeliling di Kabupaten Lombok Tengah ini.

Keindahan alam yang mungkin sangat jarang kamu temui di tempat-tempat lainnya, Lombok Tengah juga memiliki keunikan tersendiri di setiap tempat wisatanya. Pantai yang biru nan indah, pemandangan yang cantik, wisata budaya ke desa adat yang bisa menambah pengetahuan kamu betapa kayanya Indonesia kita ini.

Saat ini kami akan memberikan beberapa tempat yang istimewa jika kamu berada di Lombok Tengah. 

1. Pantai Mawun

sumber foto dari dilombok.com

Pantai Mawun adalah pilihan wisata alternatif untuk traveler yang tidak suka keramaian. Lokasi pantai ini berada di dekat Pantai Selong Belanak hanya sekitar 10 menit perjalanan saja. Secara administratif Pantai Mawun berada di wilayah desa Tumpak, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah.

sumber foto dari www.cakrawalatour.com

Pantai Mawun punya pasir pantai yang putih dan air laut berwarna biru jernih. Hanya saja pantai ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga bagi para pengunjung yang mau berenang sebaiknya tetap selalu waspada dengan kehadiran ombak yang besar. Dibanding pantai Selong Belanak, pantai Mawun lebih sepi sehingga cocok untuk traveler yang suka menyendiri.

2. Bukit Merese

sumber foto dari http://wisatalombokaja.blogspot.com

Bukit Merese adalah ikon wisata Lombok yang sangat menawan. Hamparan bukit hijau bersanding dengan pantai akan membuatmu langsung jatuh hati. Itulah mengapa tempat ini juga disebut sebagai bukit cinta. Sebelum tiba di Lokasi kamu bisa mampir ke beberapa pantai lain seperti Pantai Kuta dan Pantai Seger. JIka berangkat dari Mataram, cukup menempuh perjalanan hingga dua jam.

sumber foto dari http://melancong-wisata.blogspot.com

3. Desa Sukarara

sumber foto dari https://www.instagram.com/yudalio/

Selain menikmati keindahan alamnya traveler yang berlibur ke Lombok Tengah pantang melewatkan wisata budaya. Salah satu pilihannya adalah dengan berkunjung ke Desa Sukarara, sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

sumber foto dari https://www.instagram.com/emmoymoy/

Desa Sukarara berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Mataram yang bisa dijangkau dengan kendaraan dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Sebagian besar penduduk wanita yang tinggal di desa ini bekerja sebagai penenun, sebuah keahlian yang mereka warisi dari nenek moyang. Traveler yang berkunjung bisa berkesempatan belajar menenun hingga berbelanja kain songket dan pernak-pernik lain di desa ini.

4. Air Terjun Benang Kelambu

sumber foto dari http://www.paketliburanlombok.com/

Lombok Tengah punya air terjun yang unik dan indah namanya air terjun Benang Kelambu. Dinamakan demikian karena jatuh dari ketinggian 40 meter, menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan airnya pun sangat halus sehingga pengunjung tidak akan kesakitan saat bermain di bawahnya langsung.

sumber foto dari https://travel.kompas.com/joko dwi cahyana

Air terjun Benang Kelambu bisa traveler temukan di Desa Aik Berik. Cara mengaksesnya harus dengan trekking melintasi medan yang terjal. Air terjun ini membentuk 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang subur ditumbuhi oleh tanaman hijau. Keadaan seperti itu yang membuat lingkungan sekitar air terjun Benang Kelambu terasa makin sejuk dan asri.

WordPress Image Lightbox