Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Sampang Madura Yang Menawan

Kabupaten Sampang adalah sebuah kabupaten yang ada di sebelah utara bagian timur dari pulau Jawa tepatnya di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Sampang. Kabupaten Sampang secara administrasi terletak dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang secara geografis terletak di antara 113o 08’ – 113o 39’ Bujur Timur dan 6o 05’ – 7o 13’ Lintang Selatan. Kabupaten Sampang terletak ± 100 Km dari Surabaya, dapat dengan melalui Jembatan Suramadu kira-kira 1,5 jam atau dengan perjalanan laut kurang lebih 45 menit dilanjutkan dengan perjalanan darat ± 2 jam.

Pulau Madura menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur yang terpisah dari daratan utama. Pulau ini masih terbagi lagi menjadi empat kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Pada kesempatan ini Travelingyuk akan mengajak traveler semua untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di Sampang, sebuah kabupaten yang berada di tengah-tengah pulau Madura dan terkenal dengan tambak garamnya.

Kabupaten Sampang diapit oleh dua kabupaten dan dua laut. Di sisi barat daerah ini bertetanggaan dengan kabupaten Bangkalan sedang di timur berbatasan dengan kabupaten Pamekasan. Kota yang dikenal dengan ikon pariwisatanya berupa air terjun Toroan yang langsung jatuh ke laut ini memang memiliki punya banyak pantai, mengingat lokasinya yang berada di antara Laut Jawa di utara dan Selat Madura di selatan. Yuk kita mulai saja menyambangi satu per satu tempat keren yang tersebar di seluruh daratan Sampang.

1. Air Terjun Toroan

sumber foto dari https://ketapangtimursampang.wordpress.com/2015/08/07/129/

Air terjun Toroan merupakan sebuah keajaiban alam yang bisa ditemukan di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Keajaiban alam itu berupa sebuah pantai yang memiliki air terjun langsung jatuh ke laut. Air terjun yang berada di tebing sisi pantai dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan. Traveler dapat bermain-main di bawahnya tanpa takut terseret ombak sebab ada batu-batu besar yang berjajar sebagai penahan ombak alami sebelum sampai ke terjunan air. Dari pantai ini traveler juga dapat menikmati sensasi sunset yang menawan.

Air terjun Toroan menjadi ikon pariwisata bukan hanya bagi Kabupaten Sampang namun juga Madura secara umum. Sebab ini adalah satu-satunya air terjun yang berada di pulau ini. Pemerintah setempat telah memberikan perhatian serius tentang potensi pantai ini, sehingga dibangunlah berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, tempat parkir, dan warung makan.

2. Pulau Mandangin

Sumber foto dari https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Mandangin

Jika anda berkunjung ke suatu tempat untuk berlibur, sebaiknya anda tidak hanya mendatangi tempat-tempat wisata yang sudah terkenal saja, atau hanya berkutat pada wisata belanja yang banyak berada di mall – mall, agar liburan anda terasa lebih seru lagi, anda bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi oleh orang-orang. Selain hal itu akan memberikan pengalaman tersendiri, anda bisa berekreasi dengan leluasa tanpa gangguan keramaian di sekeliling anda. Bagi anda yang mempunyai rencana untuk mengunjungi pulau garam atau Madura, anda bisa datang ke sebuah obyek wisata yang satu ini, yaitu Pulau Mandangin.

Pulau Mandangin adalah sebuah pulau dan juga salah satu obyek wisata yang terletak di kabupaten Sampang, Madura. Bagi anda yang ingin menikmati wisata di sebuah pulau tanpa harus berpergian jauh-jauh ke luar pulau Jawa, anda bisa datang kesana. Di pulau tersebut terdapat sekitar 3000 penduduk yang sebagian besar mereka berprofesi sebagai nelayan.

Sesampainya di sana, anda akan disambut dengan pemandangan khas pantai, yaitu banyak kapal-kapal atau perahu milik nelayan di sekitar yang terapung di dekat pantai. Pasir putih yang kecoklatan nampak sangat mengundang wisatawan untuk langsung bermain dan berlarian di sana. Di sekitar pantai juga banyak terdapat tumbuhan atau pepohonan yang tumbuh dengan asri dan rindang sehingga memberikan nuansa sejuk walaupun saat siang hari. Nama Mandangin sendiri artinya adalah ‘Mandang Angin’ atau ‘Memandang Angin’, karena lokasinya yang sebagian besar pantai maka tak heran jika angin di sini lumayan kencang.

Ada beberapa tempat favorit para pengunjung jika anda datang kesini dan tentunya tidak boleh untuk dilewatkan, yang pertama adalah pantai Candin. Di pantai ini, jika anda memutuskan untuk menginap, anda saat bangun di pagi hari jangan sampai melewatkan pemandangan matahari terbitnya. Terang cahaya matahari yang menyembul dari ufuk timur terlihat sangat menakjubkan ditemani oleh air laut dan pantai yang juga indah, beserta siluet batu karang yang ada di sana. Ada lagi yang kedua yaitu situs makam Bangsacara dan Ragapadmi, di tempat ini anda bisa melakukan wisata religi dengan berziarah ke makam Bangsacara ( Hulubalang ) kerajaan dari raja Bidarba yang dibunuh karena istrinya ( Ragapatmi ) ingin diperistri Sang Raja, namun melihat kenyataan tersebut Ragapatmi bunuh diri di tempat yang sama dengan Bangsacara dibunuh termasuk kedua anjing peliharaanya, kemudian mereka dimakamkan ditempat yang sama.

Karena banyak warga di sana yang berprofesi sebagai nelayan, maka anda bisa juga berbelanja ikan-ikan segar yang baru ditangkap untuk selanjutnya diolah beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman di tepi pantai dengan api unggun.

3. Bukit Masegit

sumber foto dari https://www.teluklove.com/2016/11/pesona-keindahan-wisata-bukit-masegit.html

Wisata Bukit Masegit di Sampang adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Bukit Masegit di Sampang adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Bukit Masegit di Sampang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Sampang tidak mengunjungi wisata Wisata Bukit Masegit di Sampang yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Bukit Masegit di Sampang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan wisata Wisata Bukit Masegit di Sampang ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Bukit Masegit di kota Sampang.

Wisata Bukit Masegit di Sampang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Bukit Masegit di Sampang juga sangat Wisata Bukit Masegit di Sampang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukit batu yang menjulang tinggi ini menyajikan panorama kota Sampang yang Indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit Masegit tentu saja saat matahari terbit atau saat matahari akan tenggelam.

Bukit Masegit menyajikan panorama keindahan alam dengan nuansa pedesaan yang masih alami, tak banyak yang menjamah tempat ini mengingat lokasinya yang terpencil dan berada jauh dari perkotaan. Namun dengan adanya jejaring sosial media, saat ini mulai banyak bertebaran foto-foto bukit masegit yang diunggal oleh wisatawan yang pernah berkunjung kesana sehingga tempat ini mulai dikenal dan menjadi buruat lokasi wisata.

WordPress Image Lightbox