Destinasi Pariwisata Daerah Tertinggal

Kabupaten Kepulauan Sula adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kabupaten Kepulauan Sula dengan ibukota Sanana terletak paling Selatan di wilayah Provinsi Maluku Utara. Jarak dari Kota Ternate, ibukota provinsi sekitar 284 km dapat ditempuh melalui penerbangan udara dan pelayaran laut. Kabupaten Kepulauan Sula pada awalnya menjadi bagian dari Kabupaten Halmahera Barat, bersama-sama dengan Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Kepulauan Sula yang berada di Maluku Utara disebut-sebut tak mudah untuk dijangkau dan belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Meski demikian, di akhir pekan ini akan digelar sebuah acara memancing dengan lebih dari 3.000 orang peserta yang dinamakan Festival Maksaira 2018.

Kepulauan Sula merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Maluku. Kepulauan ini sendiri terdiri atas 11 kecamatan dan 78 desa yang berada di dua pulau besar dan beberapa pulau kecil.

Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, mengatakan akan terus mengembangkan seluruh potensi yang ada di Kepulauan Sula termasuk potensi pariwisata. Berikut tempat wisata di Kabupaten Sula yang mungkin bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Pagama

sumber foto dari http://indonesiagagah.blogspot.com/2016/08/

Terletak sebelah timur Pulau Mangoli yang diapit oleh beberapa gugus pulau, antara lain Pulau Mangoli dan Pulau Lifmatola.Pulau Pagama memiliki panorama pantai pasir putih yang sangat indah. Di sepanjang pantai Pulau Pagama terdapat pohon pinus yang tumbuh di pulau dengan luas 450 meter persegi, disamping memiliki panorama bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan wilayah lain. Kontur bawah laut berbentuk sloping dan dasar perairan terdiri dari karang keras dan halus dengan kondisi yang masih sangat baik dan indah juga memiliki kecerahan air tinggi mencapai 30 meter. Biota laut yang ditemui berupa beberapa jenis ikan hias yang memiliki warna yang sangat indah, gerombolan ikan sedang, Moluska, Lobster dan beberapa Tumbuhan Laut. Lokasi dapat di capai dengan menggunakan speed boat dengan jarak temput 1,5 Jam dari ibu kota Kabupaten.

Pulau yang sangat indah, mungkin salah satu surga terakhir yang ada di Dunia, dan lebih keren dari Madagaskar (lebay). di Pulau Tersebut terhampar pasir putih dan kaya akan biota laut dan terumbu karang. Namun saat ini kondisi Pulau Pagama sudah cukup kritis akibat dari pengaruh Abrasi sehingga butuh kepedulian dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut. Pulau Pagama dapat ditempuh dengan perjalanan laut ±3 jam dari pusat Kota Sanana.

2. Benteng De Verwachting

 

sumber foto dari https://situsbudaya.id/

Di pusat Kota Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Propinsi Maluku Utara, terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda dengan nama De Verwachting. Dari sebuah catatan diketahui bahwa pada tahun 1623 masyarakat Ternate membangun sebuah benteng kecil yang diberi nama Het Klaverblad di kepulauan Sula. Dalam catatan lain bertanggal 24 Desember 1736 disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Iskandar Zoelkarnaen Benteng Het Klaverblad diperbaharui dan kemudian diberi nama De Verwachting.

Benteng ini sudah pernah dipugar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Maluku Utara pada tahun 2007. Namun beberapa bagian benteng kembali mengalami kerusakan dan perlu segera dipugar. Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate menindaklanjutinya dengan melakukan Studi Teknis pada tanggal 5 – 12 Mei 2013 untuk mengumpulkan data teknis; arsitektural, struktural dan keterawatan benteng sebagai acuan dalan menetapkan prioritas, langkah kerja, dan metode pelaksanaan pemugaran.

Pemugaran benteng dilaksanakan pada September sampai dengan Desember 2013. Pekerjaannya meliputi; perbaikan plesteran dinding, rekonstruksi ruang jaga (guardiola) yang terdapat pada bastion sebelah Utara, perbaikan dudukan meriam, pemasangan paving blok pada jalur patroli, pembuatan rabat beton pada dinding luar benteng, dan perbaikan dua buah bangunan penunjang (saat ini dipakai sebagai kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sula Kepulauan) yang terdapat di dalam benteng. Penataan lingkungan benteng untuk pemugaran tahun anggaran 2013 belum dikerjakan karena lapangan tenis di depan benteng dan rumah penduduk di sekeliling benteng belum ada titik temu penyelesaiannya.

3. Pulau Kucing

sumber foto dari https://asset.kompas.com/

Jika kamu adalah pecinta kucing, Pulau Dea-dea di Sulawesi Barat dan Pulau Tashirojima di Jepang pasti bukanlah tempat yang asing buatmu. Kedua pulau yang terkenal dihuni hewan berbulu menggemaskan ini memang menjadi ‘surga’ tersendiri bagi pecinta kucing. 

Namun, ternyata tak hanya di Pulau Dea-dea dan Pulau Tashiro saja yang dihuni kucing, sebuah pulau di Maluku Utara juga saat ini dihuni puluhan kucing. Adalah Pula Sula, pulau yang juga dihuni banyak kucing.

Awalnya pulau ini dijadikan tempat pembuangan kucing liar oleh penduduk yang berdomisili di Sanana, ibu kota Kecamatan Kepulauan Sula di Maluku Utara. Namun, seiring waktu ternyata kucing-kucing liar ini beranak pinak dari hanya beberapa ekor menjadi puluhan ekor. Sayangnya, karena tidak memiliki pemilik, kucing-kucing liar ini hidup dengan tidak terawat.

Melihat hal ini, akhirnya pemerintah desa dan warga setempat memutuskan untuk mengelola pulau tersebut secara swadaya. Selama empat bulan, pulau yang dijuluki Pulau Kucing itu dibenahi hingga menjadi sebuah daerah tujuan wisata. Saat ini, Pulau Kucing menjadi salah satu tujuan wisata di Maluku Utara yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Fukweu.

sumber foto dari http://www.harnas.co/

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi perahu mesin dari dermaga Desa Fukweu sebesar Rp 10 ribu untuk pulang-pergi. Perjalanannya sendiri hanya menghabiskan waku selama 15 menit dari Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara. 

Yang unik lagi dari tempat ini, selain penghuninya adalah para kucing, pengunjung juga dapat menikmati suasana santai di gazebo yang berada di tepi laut sambil karaoke. Listrik dialiri lewat jaringan kabel dalam laut dari desa Fukweu, jadi tak perlu takut terlambat pulang karena gelap.

WordPress Image Lightbox